ISU STRATEGIS 2009-2013 FK UGM

|

Globalisasi, kebijakan nasional Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional dan desentralisasi serta potensi pesaing baru akan sangat mempengaruhi kebijakan dalam dunia pendidikan. Di sisi lain pada bidang penelitian terjadi situasi yang belum kondusif dalam memacu penelitian, kesempatan yang terbuka belum optimal dimanfaatkan, perlu peningkatan penelitian yang memperhatikan keberlanjutan, dengan mengangkat masalah lokal-nasional, berlandaskan kearifan lokal (research for sustainable development). Adanya tantangan global seperti emerging infectious disease, life style related disease, drug/diagnostic tools development perlu mendapat perhatian khusus. Prioritas riset Fakultas Kedokteran sangat berkaitan dengan agenda Riset Nasional, riset kesehatan dasar, resources, inklusif dan representative. Hal-hal tersebut digunakan sebagai acuan dalam penyusunan high quality research proposal yang marketable sesuai dengan pendanaan yang tersedia.

Sumberdaya Keuangan
Sumber pendanaan pendidikan dan penelitian dan pengabdian masyarakat potensinya besar, akan tetapi perlu digarap secara optimal dengan perubahan sistem manajemen keuangan dari konvensional yang kurang aspiratif kepentingan bagian dan unit lain menjadi terintegrasi secara keseluruhan.

Sumberdaya Manusia
Adanya kebijakan zero growth dari pemerintah untuk tenaga pendidik akan mengakibatkan beberapa bagian terancam kekurangan SDM. Di sisi lain banyaknya tenaga pendidik dari Departemen Kesehatan belum jelas sistem carrier path dalam jenjang pendidikan.

Akademik
Sistem dan implementasi proses pendidikan di semua jenjang belum dilaksanakan secara optimal, demikian pula pelaksanaan kurikulum juga belum sepenuhnya mengacu pada EfSD (Education for Sustainable Development). Hal lain tentang adanya keterbatasan dalam menanggapi tuntutan pembelajaran dengan problem based learning, student centered learning dan kurikulum berbasis kompetensi juga perlu mendapatkan perhatian. Permintaan pembukaan program studi baru dengan segala implikasinya juga masih terus berjalan.

Jalinan Kerjasama
Meskipun jaringan kerjasama sudah demikian luas, dengan perkembangan jumlah mahasiswa dan perubahan sistem pendidikan masih diperlukan penambahan secara kontinyu, khususnya hubungan kerjasama dengan rumah sakit. Adanya rencana universitas mendirikan Rumah Sakit Pendidikan perlu dikelola secara optimal.

Leadership, kelembagaan dan administrasi
Sistem organisasi dan tata-hubungan antar lembaga, program studi dan unit di lingkungan fakultas belum terbangun efektif dan efisien. Hal tersebut di antaranya disebabkan oleh tidak seimbangnya kemampuan manajerial dan team work dengan tuntutan serta masih terpancang dengan mental model administrasi pegawai negeri. Sistem peningkatan kesejahteraan karyawan dan sistem insentif yang berbasis kinerja belum tersusun secara baik, sehingga pemberian reward belum berjalan optimal.

Pascasarjana
Program studi lama dan permintaan pembukaan program studi baru baik pada Program Pendidikan Dokter Spesialis/S2/S3 belum dapat tertata dengan baik. Kebutuhan nasional terhadap dokter spesialis masih sangat tinggi, sehingga adanya akreditasi dari Kolegium, BAN-PT dan lembaga lain sangat diperlukan untuk legalitas dan jaminan kualitas terhadap suatu program studi termasuk diselenggarakannya double / joint degree dengan institusi luar negeri. Masih terbatasnya mahasiswa internasional untuk program Pascasarjana diperlukan skema-skema khusus agar menarik minat mahasiswa asing termasuk adanya kredit transfer .
Hasil self evaluation tersebut digunakan sebagai materi dalam perumusan dan penyusunan Renstra dan Renop FK UGM. Berikut ini dengan rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa disampaikan RENSTRA UGM 2009-2013. 

Rencana Strategis ini merupakan hasil kerja kolektif warga Fakultas Kedokteran dalam menetapkan fokus dan prioritas pengembangan universitas lima tahun ke depan.
Untuk implementasi RENSTRA ini, penjabaran selanjutnya akan disusun dalam bentuk Rencana Operasional (RENOP) Fakultas 2009- 2013. Analisis yang lebih rinci diperlukan untuk mendapatkan target pencapaian Indikator Sasaran yang optimal dan mantap dalam rangka pencapaian tujuan Fakultas pada periode 2009-2013