Visi dan Misi FK UGM Hebat Sekali

|

Menjadi fakultas riset kelas dunia yang unggul, mandiri, bermartabat, dengan dijiwai Pancasila mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa melalui proses yang rasional, efisien, terintegrasi, berkesinam- bungan dengan penerapan prinsip tata kelola yang baik dengan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dan bertanggung jawab.
MISI
[1] Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berkelas dunia berlandaskan kearifan lokal.
[2] Mengembangkan dan memperkuat manajemen fakultas yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik (Good Faculty Governance).
[3] Meningkatkan kesejahteraan segenap sivitas akademika yang bercirikan profesionalitas
TUJUAN
[1] Menjadi Fakultas riset kelas dunia yang berlandaskan kearifan lokal guna memecahkan masalah lokal, nasional dan global.
[2] Menjadi Fakultas yang mandiri dan bertata kelola baik (Good Faculty Governance).
[3] Menjadi Fakultas yang mengedepankan kesejahteraan melalui profisionalitas.
SASARAN
Untuk tujuan “ Menjadi Fakultas riset kelas dunia yang berlandaskan kearifan lokal guna memecahkan masalah lokal, nasional dan global. “:
[1] Terwujudnya pembelajaran berbasis riset
[2] Tercapainya peningkatan reputasi dan akreditasi nasional maupun internasional di bidang Pendidikan, Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat
[3] Tercapainya peningkatan jejaring kerjasama nasional dan internasional
[4] Tercapainya peran Fakultas Kedokteran UGM yang selalu meningkat dalam penyelesaian masalah bangsa dengan pendekatan kearifan lokal untuk memecahkan masalah lokal, nasional dan global.
Untuk tujuan “Menjadi Fakultas yang mandiri dan bertata kelola baik (Good Faculty Governance)” :
[5] Tuntas inventarisasi dan pelaporan aset tetap
[6] Tuntas penyiapan sistem manajemen yang transparan, akuntabel dan partisipatif
[7] Tersusunnya laporan keuangan sesuai standar akuntansi yang berlaku bagi fakultas yang mandiri
[8] Tercapainya Good Governance dalam sistem manajemen
[9] Tercapainya peningkatan berkelanjutan kapasitas kerjasama dan pengembangan usaha Untuk tujuan” Menjadi Fakultas yang mengedepankan kesejahteraan melalui profesionalitas”
[10] Tercapainya standar penghargaan dan kesejahteraan segenap sivitas akademika
[11] Tercapainya pemerataan kegiatan dalam Pendidikan, Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat

PERUMUSAN STRATEGIS

Rencana Strategis – Perumusan Strategis
Dengan mempertimbangkan hasil analisis dan kajian termasuk masukan-masukan dari stakeholders, untuk mencapai sasaran-sasaran di atas telah disusun program dan kebijakan strategis di bawah ini. Pencapaian sasaran diukur melalui indikator-indikator pencapaian sasaran yang dapat dilihat dalam Lampiran, sedangkan target-target diuraikan dalam dokumen Rencana Operasional.
Strategi untuk Mencapai Tujuan Menjadi Fakultas riset kelas dunia yang berlandaskan kearifan lokal guna memecahkan masalah lokal, nasional dan global
Sasaran 1: Terwujudnya pembelajaran berbasis riset
Strategi untuk mencapai sasaran ini melalui :
1. Program penyempurnaan sistem tatakelola riset Fakultas Kedokteran dengan kebijakan memprioritaskan terwujudnya keikutsertaan seluruh kelompok penelitian yang ada.
2. Program percepatan pertumbuhan riset multidisiplin dalam pusat dan laboratorium dan peningkatan kebijakan pentahapan (pertama meningkatkan pemahaman konsep pusat dan laboratorium riset fakultas, kedua meningkatkan keterlibatan jumlah peneliti dalam pusat dan laboratorium, dan ketiga meningkatkan mutu penelitian).
3. Program peningkatan prosentase jumlah mahasiswa program studi pascasarjana dengan kebijakan penataan prioritas (mencakup peningkatan jumlah dan kualitas mahasiswa pascasarjana melalui perekrutan mahasiswa bermutu secara proaktif dan peningkatan mutu serta relevansi program studi pascasarjana)
4. Program pemberian dukungan fasilitas riset untuk tesis (S2) dan disertasi (S3), dengan kebijakan pemberian dukungan finansial dan non-finansial (diupayakan dari berbagai sumber).
5. Melanjutkan program peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran berbasis riset seluruh program studi pada semua jenjang pendidikan dengan kebijakan Dekan, bagian-bagian, unit dan pusat bersinergi dalam sosialisasi, pengembangan, dukungan fasilitas, monitoring pelaksanaan dan kemajuan sistem pembelajaran berbasis riset; Dekanat fokus pada sosialisasi konsep dan pedoman serta menjadi katalisator berkembangnya pembelajaran berbasis riset yang paling sesuai pada tiap program studi
Sasaran 2: Tercapainya peningkatan reputasi dan akreditasi nasional maupun internasional di bidang pen- didikan, riset dan pengabdian kepada masyarakat
Strategi untuk mencapai sasaran ini melalui:
6. Program peningkatan dan penjaminan mutu kurikulum dan silabi secara berkelanjutan untuk memenuhi atau melampaui standar nasional dan internasional dengan kebijakan pentahapan (semua program studi harus melakukan evaluasi diri dan merencanakannya secara sistematis serta memilih fokus pembidangan yang mempunyai daya tarik nasional dan internasional dengan upaya mengangkat keunggulan lokal dan nasional ke tingkat dunia).
7. Program peningkatan mutu bidang SDM, sarana prasarana dan manajemen dengan kebijakan perencanaan saksama, menyeluruh dan terpadu dengan perhatian pada relevansi terhadap fokus bidang pengembangan dan juga mempertimbangkan perimbangan antara kegiatan dan ketersediaan sumberdaya (optimalisasi dilakukan dengan mengutamakan perolehan nilai tambah pada aspek yang prospektif secara nasional dan internasional).
8. Program pengembangan dengan perguruan tinggi luar negeri yang bermutu melalui kebijakan penjajagan pada semua kemungkinan pendekatan dan direncanakan oleh semua program studi, sedangkan Dekanat memfasilitasi, memonitor, mengevaluasi dan mengarahkan.
9. Program peningkatan mutu riset bertaraf internasional dengan kebijakan mengutamakan pada penyelesaian permasalahan bangsa dan mendorong riset-riset kerjasama dengan center dan mitra negara maju baik kerjasama dalam proses penelitian, pendanaan maupun publikasi serta peningkatan mutu SDM dan sarana prasarana penelitian, di semua lingkup termasuk unit, pusat dan laboratorium.
10. Program peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakat berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan peningkatan partisipasi masyarakat lokal, nasional dan internasional dengan kebijakan meningkatkan kepedulian dan empati dalam membantu dan memberdayakan masyarakat sehingga pengalaman dan keahlian yang diperoleh dapat menjadi pelajaran bagi bangsa dan dunia internasional.
11. Program penelaahan dan penyusunan road-map pengajuan akreditasi nasional dan internasional serta peningkatan akreditasi nasional dan internasional dengan kebijakan sesuai keadaan tiap program studi (pentahapannya dapat mulai dari identifikasi kemampuan untuk akreditasi pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; obyek akreditasi dapat dimulai dari yang paling siap misalnya manajemen, laboratorium atau jurnal).
12. Program peningkatan sosialisasi dan pertukaran pengalaman dalam proses mendapatkan pengakuan dan akreditasi nasional dan internasional dengan kebijakan mendasarkan pada hasil evaluasi kesiapan dalam memfasilitasi persiapan akreditasi nasional dan internasional di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat atau manajemen
Target 3: The strengthening of national and international collaboration networks
The strategies are :
13. Facilities development program for national and international collaboration network through integrated development policies including resources and institution capacities, management, data managing, surveillance, and financing aspects.
14. Quantity and quality improvement programs for national and international collaboration networks through policies which prioritize collaborations that offer strategic position to Faculty of Medicine on any national or international level.
Target 4: The active contribution of faculty roles in solving local, national, and global issues through the perspective of local wisdom
The strategies are :
15. Continuing identification of integrated program between national issues and solutions and promotion of local and national excellence into worldwide level.
16. Maintenance and improvement programs of Faculty of Medicine’s role in solving community issues.
17. Quality improvement program in promoting local and national excellence into worldwide level.
18. Capacity development program in performing “Tridharma” of Higher Education according to local wisdom.
Programs in points 15 to 18 are implemented through an integrated policy along with programs in Target 1, 2, and 3.
Strategies to Be a Self and Good-Governing Faculty
Target 5. The accomplishment of complete inventory and permanent assets reports
The strategies are:
19. Policies on finalization program which are started with aligning between physical and financial reports data and reconciliation data are performed by General Affair and Financial Affair.
Target 6. The accomplishment of complete transparent, accountable, and participative human resources management system
The strategies are :
20. Preparation and implementation of human resources management instruments through human resources management policies including recruitment of faculty staffs preceded by the preparation of the instruments.
21. Human resources management program according to autonomous university (PT-BHMN) system with human resources management policies, GMU performs dual-system management and professionalism principles.
Target 7: The accomplishment of complete financial reports in accordance with accounting standard
The strategies are:
22. Follow up of all internal and external audits’ findings.
23. Accounting system development program used as standards for self-governing faculty (implemented gradually).
Those program number 22 and 23 have been done with result: “Normal With No Exception” status.
These internal and external audits’ results then have to be followed up entirely at Faculty of Medicine according to the standard of self-governing faculty.
Target 8: The achievement of good governance in management system
The strategies are :
24. Rearrangement of the institutional organization to be a self-governing faculty which fulfills good governance standard
25. Completion of integrated financial and management information system
Those programs number 24 and 25 are done by implementing good governance in management system which is conducted in organization system, integration between financial information system and management, national and international accreditation instruments; transparency and accountability. These are reported through Annual Publication Reports.
Target 9: The enhancement of sustainable collaboration and entrepreneurship capacities
The strategies are:
26. Developing collaboration network with alumni and stakeholders (including internal stakeholders such as laboratory, centers and other units)
27. Transformation program to be a professional enterprise unit contributing continuously for the Faculty’s main activity (Tri Dharma of Higher Education)
Those programs number 26 and 27 are done by policies and according to integrated and comprehensive principles.
Strategy to Be a Faculty which Emphasize Wellbeing through Professionalism
Target 10: The achievement of equal distribution of activities on Education, Research, and Community Services
28. Equitable distribution of Tri Dharma’s activities through professionalism.
29. Professional development for tutors, instructors, lecturers, and researchers.
30. Empowering of all faculty staffs especially to those who are not yet actively participate in Tri Dharma Higher Education activities monitored by appropriate person accordingly.
Target 11: The achievement of standard of wellbeing and appreciation for all faculty members
The strategies are:
31. Mobilization, sharing, and efficient use of resources.
32. Development of Fair and Performance-based Remuneration System for improving the welfare.
33. Fulfillment of primary, secondary, and tertiary needs for all faculty members in order to enhance their productivity and quality of wellbeing